Kemarau

Tiada ranting yang rimbun
Daun pun berguguran
Mata air pun kering
Tiada titik embun turun
Saat itu, kemarau yang datang
Hati gersang dan berdebu
Curah hujan tiada turun
Membasahi jiwa ini

Sekilas verse dari lagu yg canggih keluaran akhir tahun 1970 – 1980 an. Hasil dari Lomba Cipta Lagu Remaja kala itu oleh radio Prambors. Ini lagu, bisa dibilang cukup catchy dan nendang buat ditelinga orang yg terbiasa dengerin lagu-lagu 80 dan 90 an. Dikemas dengan aransemen ciamik dan cukup ceria meski nuansanya kayak orang lagi galau. Seakan-akan mereka lagi cemas ini lagi kemarau, suasananya serba nanggung, mereka butuh sesuatu yg fresh, yg segerin jiwa mereka, yg bisa bikin mereka terhibur dan lebih mudah dalam menikmati hari-hari.

Pertama denger lagu itu, ayas tau dari kanal youtube Ngobryls Jimi x Malau. Ini lagu masih digunakan sebagai opening video video mereka. Link nya bisa diliat ntar, ayas embed juga. Betapa menariknya lagu ini sampe bikin geleng-geleng, anak remaja jaman dulu lagunya sah semua buat dibilang keren. Lagu itu cukup hits juga baik dijamannya ataupun di jaman sekarang tapi lebih ke mereka-mereka yg doyan ngulik lagu Indonesia lawas. Liriknya itu kalo kita baca, ataupun dengerin dari lagunya, kita merasa lagi dicurhatin orang soal kegelisahan mereka yg pengen banget lekas berganti si kemarau ini.

Progresi chord di lagunya pun juga ciamik, alurnya rapi dan ada twistnya jadi enak banget buat didengerin ulang-ulang ga langsung bosen. Cuman emang agak susah nyari yg live ini entah itu cover atau tribute, kebanyakan di youtube lebih ke yg orang-orang latihan.

Prambors – Kemarau (https://www.youtube.com/watch?v=lIeEyJPd5U4)

Reff di lagu ini diisi suara cewek juga, dan lirik reffnya punya inti buat nunjukin ke pendengar kalo mereka butuh lekas mendung dan hujan karena agak tersiksa mungkin sama kemarau, tapi mereka tetep sadar dan sabar, segala sesuatu pasti berlalu pada waktunya. Untuk lagu ciptaan remaja pada tahun itu, keren gila! Ada rasa yg beda gitu tiap dengerin lagu ini. Kita bisa terbawa kesana meskipun masih agak nanggung.

Buat kalian yg doyan ngulik lagu lawas Indonesia, ini adalah salah satu lagu super duper keren dan ajaib ciptaan putra / putri bangsa. Terimakasih buat siapapun yg jadi penulis lagu dan penulis liriknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *